6 Wisata Religi di Magelang yang Penuh Kesucian

sumber : Indonesia Travel

Magelang, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, bukan hanya menawarkan keindahan alamnya, tetapi juga kaya akan warisan budaya dan tempat-tempat religius yang memukau. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa destinasi wisata religi di Magelang yang mencerminkan kekayaan spiritual dan sejarah kota ini.

1. Candi Borobudur

  • Candi Borobudur, yang terletak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Magelang, adalah destinasi wisata religi yang paling ikonik dan terkenal di wilayah ini. Candi ini adalah kompleks candi Buddha terbesar di dunia, dibangun pada abad ke-9 oleh Dinasti Syailendra.
  • Dengan arsitektur yang mengagumkan, Borobudur memiliki tujuh tingkat stupa dan teras yang dihiasi relief-relief Buddha yang menggambarkan ajaran-ajaran dari kitab-kitab suci Buddha. Setiap tahun, Buddhisme Mahayana merayakan Waisak di Candi Borobudur untuk memperingati kelahiran, pencerahan, dan parinirvana Buddha Gautama.

2. Candi Mendut

  • Berdekatan dengan Candi Borobudur, terdapat Candi Mendut yang juga merupakan situs bersejarah Buddhis. Candi ini memiliki arca tiga Buddha yang terletak di dalam bangunan candi utama. Relief-relief di dinding candi menceritakan kisah pencerahan Siddhartha Gautama.
  • Setiap tahunnya, prosesi Waisak juga melibatkan Candi Mendut, dan para peziarah berkumpul untuk merayakan momen bersejarah ini.

sumber : Kompas

3. Klenteng Kwan Im Thong Hood Cho

  • Magelang tidak hanya dikenal dengan warisan Budhanya, tetapi juga memiliki tempat ibadah dari berbagai agama. Klenteng Kwan Im Thong Hood Cho adalah salah satu klenteng terbesar di Magelang yang didedikasikan untuk Dewi Kwan Im, pahlawan kasih dan belas kasihan dalam Buddhisme.

BACA JUGA : Hadist Kebersihan dan Keutamaan Bagi yang Menjalankannya

  • Klenteng ini menonjol dengan arsitektur Tiongkok yang megah dan altar persembahan untuk berbagai dewa dan dewi. Keberagaman keagamaan di Magelang tercermin dalam keberadaan klenteng ini.

4. Gereja Ayam

  • Gereja Ayam, atau Gereja Santo Antonius, adalah salah satu wisata religi di Magelang yang menarik. Terletak di desa Rhema, gereja ini memiliki arsitektur yang menyerupai seekor ayam dengan kepala, sayap, dan ekor yang jelas terlihat.
  • Gereja ini tidak hanya menjadi tempat ibadah Kristen yang bersejarah tetapi juga menjadi daya tarik wisata yang menarik karena desain arsitekturalnya yang unik.

sumber : Otorita Borobudur

5. Pura Ukir Sari

  • Pura Ukir Sari adalah salah satu pura Hindu yang berlokasi di Magelang. Pura ini menonjol dengan arsitektur khas Bali dan ukiran-ukiran yang menawan.
  • Acara-acara keagamaan dan upacara Hindu seringkali diadakan di Pura Ukir Sari, menjadikannya pusat spiritual bagi komunitas Hindu di Magelang.

6. Makam Kyai Langgeng

  • Magelang juga memiliki tempat-tempat suci bagi umat Islam. Makam Kyai Langgeng di Muntilan adalah salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para peziarah Muslim.
  • Makam ini diyakini sebagai tempat peristirahatan seorang wali atau tokoh agama Islam yang dihormati, dan setiap tahun diadakan acara ziarah yang dihadiri oleh para pengunjung dari berbagai daerah.

Magelang, dengan keberagaman warisan agama dan budayanya, menawarkan pengalaman spiritual yang mendalam bagi pengunjung. Destinasi wisata religi ini tidak hanya mencerminkan keindahan arsitektur dan seni, tetapi juga menjadi pusat perayaan dan penghormatan bagi masyarakat setempat. Dengan menjelajahi tempat-tempat suci ini, pengunjung dapat merasakan harmoni keberagaman keagamaan yang menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas Magelang.

BACA JUGA : Hadist Tentang Sedekah dan Jenis-Jenis Sedekah dalam Agama Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *