Apa Itu VCD dan DVD? Ketahui Perbedaan Keduanya

Apa Itu VCD dan DVD? Ketahui Perbedaan Keduanya, Lebih Bagus Mana Ya?

Sumber: Yesternight.id

Kali ini kita akan mengulas secara singkat perbedaan antara kaset VCD dan DVD serta jenis-jenis kaset yang ada di pasaran. Terkadang kita sulit membedakan mana yang VCD dan mana yang DVD, bukan? Untuk menghindari kekeliruan saat menggunakan perangkat penyimpanan, ada baiknya Anda untuk menyimak ulasan singkat mengenai perbedaan VCD dan DVD di bawah ini.

Nah, kali ini kita akan membahas perbedaan keduanya. Yuk, lihat di bawah untuk informasi lebih lanjut. 

Pengertian 

Sumber: Encyclopedia Britannica

DVD

DVD adalah salah satu jenis optical disc yang dapat digunakan untuk menyimpan data termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. “DVD” awalnya merupakan singkatan dari Digital Video Disc, namun beberapa pihak menginginkan singkatan tersebut diubah menjadi Digital Versatile Disc (Disc for Digital Use) untuk memperjelas bahwa format ini tidak hanya untuk video party, kini nama resminya hanya “DVD”.

VCD

Tidak seperti VCD, yang merupakan singkatan dari Video CD atau disebut juga View CD atau Compact Disc, video digital adalah format digital standar untuk menyimpan gambar video pada CD. Disk VCD ini dapat diputar dengan perekam/pemutar VCD. 

Namun, hampir semua jenis komputer PC, perekam/pemutar DVD, dan beberapa konsol video game juga dapat memutar jenis VCD ini. Standar VCD pertama kali dikembangkan oleh Sony pada tahun 1993, Philips, Matsushita dan JVC. 

Baca juga: Fakta Penyanyi India Lata Mangeshkar

Perbedaan VCD dan DVD

Sumber: Teufel Blog

Body Kaset

Perbedaannya mudah dikenali, biasanya tertulis di badan kaset, yang menunjukkan itu adalah DVD atau VCD. Selain itu jika dibaca di komputer biasanya juga mengenali jenis tapenya apa.

Kapasitas Penyimpanan

Cara lain adalah dengan membedakan kapasitasnya, biasanya DVD memiliki kapasitas yang lebih tinggi dari VCD yaitu mencapai 4,2 GB. Sedangkan VCD biasanya hanya melebihi 700 MB. 

Ukuran Kaset

Dari segi ukuran fisik, VCD atau DVD memiliki 2 ukuran diameter yang berbeda. Untuk VCD dengan diameter 80 mm atau 8 cm memiliki kapasitas 185 MB hingga 120 MB, dan untuk VCD dengan diameter 120 mm atau 12 cm memiliki kapasitas 650 MB hingga 870 MB.

Untuk DVD dengan diameter 80 mm atau 8 cm kapasitas 1,2 GB ke 1.4 GB dan DVD dengan diameter 120 mm atau 12 cm memiliki kapasitas 2,4 GB hingga 4,7 GB.

Jenis Notasi Kaset

Perlu juga dicatat bahwa pada badan kaset berisi huruf R, +R dan RW. Notasi ini memiliki arti tersendiri yaitu:

  • R: menandakan bahwa jenis VCD/DVD yang digunakan adalah jenis single session disc. Anda tidak dapat menambahkan lebih banyak data meskipun masih ada ruang tersisa pada disk. 
  • +R: Menunjukkan bahwa jenis VCD/DVD yang digunakan adalah jenis disk multisesi. Artinya, sebuah disket yang telah terisi data dan belum penuh dapat diisi dengan data baru pada disket tersebut. Sehingga penggunaan ruang disk dapat dioptimalkan.
  • RW: Menunjukkan bahwa VCD/DVD yang digunakan dapat ditulis ulang. Ini berarti bahwa semua data pada disk dapat dihapus dan ditulis untuk memasukkan data baru kembali ke disk. 

Namun, melengkapi dan menghapus data tunduk pada batasan tertentu.Misalnya, 4X berarti kita dapat menghapus dan menulis 4 kali. 

Penutup

Mungkin sampai jumpa disini pembahasan kali ini, semoga pembahasan diatas dapat bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: 5 Film Komedi Hollywood Terbaru yang Paling Recommended

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *