Langkah-Langkah Membuat Daftar Pustaka Dengan Mendeley

Langkah-Langkah Membuat Daftar Pustaka Dengan Mendeley

Membuat daftar pustaka dapat menjadi tugas yang menakutkan. Namun, dengan bantuan aplikasi Mendeley, Anda dapat dengan mudah membuat daftar pustaka yang sesuai dengan format yang ditentukan. Mendeley adalah aplikasi yang dapat membantu Anda membuat daftar pustaka dalam berbagai format seperti APA, MLA, dan Chicago. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daftar pustaka dengan Mendeley.

Mendley adalah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk membuat daftar pustaka. Aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan membuat daftar pustaka dengan mudah. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk membuat daftar pustaka dengan Mendley.

Langkah 1: Daftar Masuk ke Mendley

Pertama, pengguna harus mendaftar di Mendley. Ini bisa dilakukan dengan mengklik tombol “Daftar” di halaman utama Mendley. Pengguna akan diminta untuk memasukkan nama pengguna, alamat email, dan kata sandi. Setelah selesai, pengguna akan dapat masuk ke akun Mendley.

Langkah 2: Buat Daftar Pustaka

Setelah masuk ke akun Mendley, pengguna dapat membuat daftar pustaka. Untuk melakukan ini, pengguna harus mengklik tombol “Buat Daftar Pustaka” di halaman utama Mendley. Pengguna akan diminta untuk memasukkan judul daftar pustaka, jenis daftar pustaka, dan deskripsi daftar pustaka. Setelah selesai, pengguna akan dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Tambahkan Sumber

Setelah membuat daftar pustaka, pengguna dapat mulai menambahkan sumber ke daftar pustaka. Untuk melakukan ini, pengguna harus mengklik tombol “Tambahkan Sumber” di halaman daftar pustaka. Pengguna akan diminta untuk memasukkan informasi sumber, seperti judul, penulis, tahun, dan lainnya. Setelah selesai, pengguna dapat menyimpan sumber dan melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 4: Tambahkan Keterangan

Setelah menambahkan sumber, pengguna dapat menambahkan keterangan untuk setiap sumber. Untuk melakukan ini, pengguna harus mengklik tombol “Tambahkan Keterangan” di halaman daftar pustaka. Pengguna akan diminta untuk memasukkan keterangan untuk setiap sumber. Setelah selesai, pengguna dapat menyimpan keterangan dan melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 5: Cetak Daftar Pustaka

Sumber: Youtube

Setelah menambahkan semua sumber dan keterangan, pengguna dapat mencetak daftar pustaka. Untuk melakukan ini, pengguna harus mengklik tombol “Cetak Daftar Pustaka” di halaman daftar pustaka. Pengguna akan diminta untuk memilih format cetak yang diinginkan. Setelah selesai, pengguna dapat mencetak daftar pustaka dan menyimpannya untuk digunakan di masa depan.

Langkah 6: Simpan Daftar Pustaka

Setelah mencetak daftar pustaka, pengguna dapat menyimpan daftar pustaka untuk digunakan di masa depan. Untuk melakukan ini, pengguna harus mengklik tombol “Simpan Daftar Pustaka” di halaman daftar pustaka. Pengguna akan diminta untuk memasukkan nama file dan lokasi penyimpanan. Setelah selesai, pengguna dapat menyimpan daftar pustaka dan menggunakannya di masa depan.

Langkah 7: Bagikan Daftar Pustaka

Setelah menyimpan daftar pustaka, pengguna dapat membagikannya dengan orang lain. Untuk melakukan ini, pengguna harus mengklik tombol “Bagikan Daftar Pustaka” di halaman daftar pustaka. Pengguna akan diminta untuk memasukkan alamat email orang yang akan menerima daftar pustaka. Setelah selesai, pengguna dapat membagikan daftar pustaka dan orang lain dapat mengaksesnya.

Langkah 8: Perbarui Daftar Pustaka

Setelah membagikan daftar pustaka, pengguna dapat memperbarui daftar pustaka. Untuk melakukan ini, pengguna harus mengklik tombol “Perbarui Daftar Pustaka” di halaman daftar pustaka. Pengguna akan diminta untuk memasukkan informasi baru atau menghapus informasi lama. Setelah selesai, pengguna dapat menyimpan perubahan dan melanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 9: Unduh Daftar Pustaka

Setelah memperbarui daftar pustaka, pengguna dapat mengunduh daftar pustaka. Untuk melakukan ini, pengguna harus mengklik tombol “Unduh Daftar Pustaka” di halaman daftar pustaka. Pengguna akan diminta untuk memilih format file yang diinginkan. Setelah selesai, pengguna dapat mengunduh daftar pustaka dan menggunakannya di masa depan.

Langkah 10: Hapus Daftar Pustaka

Setelah mengunduh daftar pustaka, pengguna dapat menghapus daftar pustaka. Untuk melakukan ini, pengguna harus mengklik tombol “Hapus Daftar Pustaka” di halaman daftar pustaka. Pengguna akan diminta untuk mengkonfirmasi penghapusan daftar pustaka. Setelah selesai, pengguna dapat menghapus daftar pustaka dan menggunakan aplikasi Mendley untuk membuat daftar pustaka baru.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengguna dapat dengan mudah membuat daftar pustaka dengan Mendley. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan membuat daftar pustaka dengan mudah. Selamat mencoba!

Dengan menggunakan Mendeley, Anda dapat dengan mudah membuat daftar pustaka yang sesuai dengan standar akademis. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk membuat daftar pustaka yang tepat dan SEO friendly. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kesalahan dalam membuat daftar pustaka dan memastikan bahwa karya Anda sesuai dengan standar akademis.

Baca juga: 4 Cara Cek Resi TIKI Yang Perlu Kamu Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *