Doa Iftidal dan Cara Mengamalkannya dalam Sholat agar Berkah

sumber : Dream

Doa Iftidal adalah salah satu doa yang banyak digunakan oleh umat Islam untuk memohon berkah dan rahmat dari Allah SWT. Doa ini sangat dianjurkan untuk diamalkan oleh umat Islam, karena diyakini bahwa dengan mengamalkan doa ini, seseorang akan mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah SWT. Artikel ini akan membahas tentang cara mengamalkan doa iftidal untuk mendapatkan berkah.

Doa Iftidal

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Latin: Sami ‘Allahu liman hamidah.

Artinya: “Allah mendengar orang-orang yang memuji-Nya.” Setelah itu, kamu dapat melanjutkan membaca doa sebagai berikut.

Bacaan pendek

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ

Latin: Rabbana wa laka al-hamdu.

Artinya: Wahai Tuhan kami, bagi-Mu lah segala pujian. Bacaan tahmid ini didasarkan pada hadis berikut. Dari Abu Hurairah bahwa Nabi Muhammad SAW mengucapkan,

“Sami’allahu liman hamidah (Allah Maha Mendengar terhadap orang yang memuji-Nya),”

ketika mengangkat punggungnya dari rukuk. Kemudian ketika berdiri beliau membaca:

رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ

Latin: Rabbana walakalhamdu.

Artinya: Wahai Tuhan kami, bagi-Mu lah segala pujian.” (HR Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

Bacaan Panjang

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ مِلْءَ السَّمَوَاتِ وَمِلْءَ الْأَرْضِ وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Latin: Rabbana lakal hamdu mil ‘us samaawaati wa mil ul ardhi wa mil’u maa syi’ta min syai’in ba’du.

Artinya: Ya Allah Ya Tuhan kami, bagi-Mu lah segala puji, sepenuh langit dan sepenuh bumi, dan sepenuh apa saja yang Engkau kehendaki sesudah itu.

BACA JUGA : Macam-macam Bacaan Doa Qunut: Subuh, Witir, Nazilah

Doa Iftidal adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini memiliki banyak manfaat dan berkah, sehingga banyak orang yang mengamalkannya. Berikut adalah cara mengamalkan doa Iftidal untuk mendapatkan berkah.

1. Berdoa Dengan Tulus

Saat membaca usahakan untuk berdoa dengan tulus. Yakini bahwa Allah SWT akan mengabulkan permohonan Anda. Berdoalah dengan tulus dan yakinlah bahwa Allah SWT akan mendengar doa Anda.

2. Berdoa Dengan Ikhlas

Berdoalah dengan ikhlas. Jangan berdoa untuk tujuan yang salah. Berdoalah untuk kebaikan dunia dan akhirat. Yakini bahwa Allah SWT akan memberikan berkah kepada Anda jika Anda berdoa dengan ikhlas.

3. Berdoa Dengan Sabar

sumber : tvone

Berdoalah dengan sabar. Jangan berharap hasil yang instan. Berdoalah dengan sabar dan yakinlah bahwa Allah SWT akan memberikan berkah kepada Anda jika Anda bersabar.

4. Bersyukur Atas Berkah Yang Diterima

Setelah Anda mendapatkan berkah dari doa Iftidal, jangan lupa untuk bersyukur. Bersyukurlah atas berkah yang telah diterima. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan berkah yang lebih besar lagi.

5. Ajarkan Doa Iftidal Kepada Anak-Anak

Ajarkan doa Iftidal kepada anak-anak Anda. Dengan begitu, mereka akan tumbuh menjadi anak-anak yang berbakti kepada Allah SWT dan juga akan menjadi berkah bagi mereka di masa depan.

Doa iftidal dapat membantu Anda untuk mencapai tujuan dan mencapai kebahagiaan. Dengan mengamalkannya dalam setiap bacaan sholat secara rutin, Anda dapat memperoleh berkah dari Allah SWT dan merasakan manfaatnya. Dengan demikian, Anda dapat mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam hidup.

BACA JUGA : Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardhu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *