Sepeda onthel atau dikenal juga dengan sebutan pit kebo sudah populer di Indonesia sejak zaman Hindia Belanda. Desainnya yang kuno menggambarkan ciri khas tampilan sepeda onthel dimasa itu. 

Sepeda yang juga disebut roadster bicycle ini merupakan cikal bakal sepeda modern yang umum dikendarai di masa sekarang. Terutama sepeda balap yang mungkin mengalami perubahan mencolok pada bagian setang, ban, dan boncengan belakang. 

Meskipun terbilang jadul, namun peminat sepeda onthel hingga saat ini tetap banyak. Terutama bagi mereka yang gemar mengoleksi sepeda. Nah, jika kamu tertarik dengan sepeda zaman dulu ini. Berikut dibawah ini rekomendasi 5 merk sepeda onthel kuno termahal dan terpopuler :

  1. Sepeda Onthel Phoenix

Phoenix adalah merk pembuat sepeda onthel asal China yang sudah populer sejak puluhan tahun lalu. Pada tahun 1970-an, Phoenix merupakan salah satu salah satu merk sepeda yang paling banyak digemari di Indonesia. 

Sebenarnya, merk ini lebih dikenal dengan produk sepeda jengki-nya. Namun, produsen ini pun menawarkan produk sepeda onthel dengan harga yang cukup terjangkau. Dan, bahkan saat ini kamu masih bisa menemukan dengan mudah sepeda onthel Phoenix di pasaran yang dibandrol dengan harga sekitar Rp. 2 jutaan. 

Rentang harga mulai dari Rp. 1.897.000 hingga Rp. 4.617.000.


  1. Sepeda Onthel Fongers

Sepeda onthel Fongers diawali oleh pembuatan sepeda dengan ban depan berukuran besar oleh Albert Fongers di Belanda pada tahun 1880. Pada tahun 1897, pabrik sepeda yang didirikan oleh Fongers ini melakukan ekspansi bisnis dan membangun pabrik baru untuk produk yang lebih besar dan menciptakan terobosan di industri sepeda. 

Sejak itulah, Fongers terkenal sebagai merk pembuat sepeda dengan kualitas tinggi pada setiap produknya. Sehingga tak heran, jika sepeda onthel Fongers saat ini masih tinggi peminatnya, dan bahkan dibandrol dengan harga puluhan juta. 

Rentang harga mulai dari Rp. 950.000 hingga Rp. 75.000.000. 


  1. Sepeda Onthel Raleigh

Raleigh adalah merk sepeda asal Inggris yang memiliki sejarah panjang. Pabrikan ini didirikan oleh Woodhead dan Angois di Nottingham pada tahun 1885. Berdasarkan tahun berdirinya, Raleigh tercatat sebagai salah satu produsen sepeda tertua di dunia. Kemudian Raleigh tercatat sebagai perusahaan terbatas setelah empat tahun berdiri. 

Tahun 1913 menjadi masa kejayaan tertinggi bagi Raleigh. Karena pada saat itu, perusahaan ini berhasil menjadi perusahaan sepeda terbesar di seantero jagad. 

Rentang harga mulai dari Rp. 2.500.000 hingga Rp. 30.000.000. 


  1. Sepeda Onthel Gazelle

Gazelle adalah pabrikan sepeda terbesar yang berasal dari Belanda. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1892 ini memiliki pabrik di Dieren dengan kapasitas produksi 300.000 sepeda dalam setahun. 

Awalnya, pabrikan yang didirikan oleh Willem Kolling dan Rudolf Arentsen ini mengadopsi sepeda asal Inggris untuk dijual. Gazelle baru memulai produksi sendiri sejak tahun 1902. 

Rentang harga mulai dari Rp. 3.500.000 hingga Rp. 50.000.000. 


  1. Sepeda Onthel London Taxi

Diantara beberapa merk paling terkenal yang mungkin membuat sepeda onthel, London Taxi merupakan salah satu yang paling populer dan sepeda modern hingga masa sekarang. Desainnya memiliki ciri khas kombinasi antara gaya kuno yang dibalut material premium dan diberi sentuhan akhir agar terlihat segar saat ini. 

Lini produk sepedanya juga bervariasi dengan harga yang tidak terlalu mahal, terutama ditujukan bagi para pengguna di perkotaan. 

Rentang harga mulai dari Rp. 4.100.000 hingga Rp. 6.764.000.